Catatan Mas Ade

Mengarungi Samudera Ilmu



Ditulis Oleh: Mas Ade  - Tanggal: 25/05/2018  - Dilihat: 51 kali

Metro - Lembaga sertifikasi profesi adalah perpanjangan tangan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebuah badan resmi yang didirikan oleh pemerintah untuk melakukan pengembangan standar kompetensi dan melakukan uji kompetensi profesi. LSP SMK Muhammadiyah 3 Metro berbadan hukum dan dibentuk oleh lembaga pendidikan SMK Muhammadiyah 3 Metro yang diregistrasi oleh BNSP. LSP SMK Muhammadiyah 3 Metro mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi LSP SMK Muhammadiyah 3 Metro mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP yaitu Pedoman BNSP 201, Pedoman BNSP 202, dan Pedoman BNSP 210, untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

 

"Pendirian LSP sampai terlisensi oleh BNSP ini tentunya tidak mudah, kami selaku tim sejak bulan September 2017 hingga saat ini dengan tenaga dan pikiran disumbangkan penuh demi lahirnya LSP Pihak Kesatu di SMK Muhammadiyah 3 Metro," Jelas Dani Aulia Ahmad selaku Ketua LSP SMK Muhammadiyah 3 Metro.

 

Menurutnya, lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Dalam proses tersebut semua harus sesuai dengan pedoman dari BNSP.

 

"Tim sudah dibentuk, sudah siap dan fokus dengan tujuan. Jadi alhamdulillah hasilnya dapat kita nikmati saat ini. Lisensi ini adalah amanah dari BNSP yg harus dijalankan demi mendukung INPRES No. 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dimana dalam upaya peningkatan kompetensi lulusan SMK salah satunya dengan program pemberian sertifikat kompetensi lulusan SMK yang menjamin bahwa lulusan SMK mempunyai kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri. Siswa yang mendapatkan sertifikat kompetensi diharapkan akan lebih mudah diterima bekerja di industri," imbuhnya.

 

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada saat ini mendorong agar semua siswa SMK bisa mendapatkan sertifikat kompetensi.

 

"Kita patut bersyukur atas diraihnya lisensi dari BNSP oleh LSP SMK Muhammadiyah 3 Metro. Karena saya yakin perjuangan teman-teman dari awal hingga saat ini sungguh luar biasa dan tidaklah mudah. Dengan adanya lisensi ini SMK Muhammadiyah 3 Metro melalui TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan LSP yang dimiliki sudah resmi dan sah untuk melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi sebagai tolak ukur dalam pengembangan kualitas SDM di Indonesia," Ujar Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro, Khoeroni saat dihubungi wartawan, Rabu (23/5/2018).

 

(pt/pt)

 

Share on twitter
Judul: SMK Muhammadiyah 3 Metro Terima Lisensi LSP Dari BNSP
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 51 user reviews.
Ditulis Oleh Mas Ade
Description : SMK Muhammadiyah 3 Metro Terima Lisensi LSP Dari BNSP, Metro - Lembaga sertifikasi profesi adalah perpanjangan tangan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebuah badan resmi yang didirikan oleh...

Berikan Komentar
Kembali Keatas
Xml sitemap tool Free Alexa Rank Checker